BUKAN SEKEDAR AJANG KUMPUL

Sebuah kata yang semua Orang dipastikan sudah tahu maksudnya, Walaupun dengan kadar kepahaman yang berbeda. Dan sedikit bertabrakan. BUKAN SEKEDAR AJANG KUMPUL Ingin berbagi Pengetahuan Seputar Kebiasaan / Adat Istiadat, Budaya, Kesenian serta segala bentuk hal yang memiliki nilai seni.


William Butler Yeats Biografi

Diposting oleh Joe kancil Kamis, 07 Juli 2011

William Butler Yeats (1865-1939) lahir di Dublin. Ayahnya adalah seorang pengacara dan seorang pelukis potret terkenal. Yeats dididik di London dan di Dublin, tetapi ia menghabiskan musim panas di barat Irlandia di rumah musim panas keluarga di Connaught. Karya pertamanya muncul di tahun 1887, namun dalam periode sebelumnya produksi dramatis melebihi puisinya baik dalam jumlah besar dan impor. Bersama dengan Lady Gregory ia mendirikan Teater Irlandia, yang menjadi Teater Abbey, dan menjabat sebagai kepala dramawan sampai gerakan ini diikuti oleh John Synge. Memainkannya mencerminkan ketertarikannya dengan mistik dan spiritualisme. The Countess Cathleen (1892), The Land of Heart's Desire (1894), Cathleen ni Houlihan (1902), The King's Threshold (1904), dan Deirdre (1907) adalah di antara yang paling dikenal.
      Setelah 1910, seni dramatis Yeats's berbelok tajam menuju gaya yang sangat puitis, statis, dan esoterik. kemudian memainkan Nya ditulis untuk pemirsa kecil, mereka bereksperimen dengan topeng, tari, dan musik, dan sangat dipengaruhi oleh Noh Jepang memainkan. Meskipun seorang patriot, Yeats menyesalkan kebencian dan kefanatikan dari gerakan Nasionalis, dan puisinya penuh bergerak protes terhadap hal itu. Dia ditunjuk untuk Senat Irlandia pada tahun 1922. Yeats adalah salah satu dari beberapa penulis yang terbesar karya ditulis setelah penghargaan dari Hadiah Nobel. 
      Bahwa ia menerima Hadiah terutama untuk karya dramatis, hari ini artinya yang bertumpu pada prestasi lirik nya. Puisi-Nya, terutama volume The Wild Swans di Coole (1919), Michael Robartes dan Dancer (1921), The Tower (1928), The Winding Tangga dan Puisi Lainnya (1933), dan Puisi Terakhir dan Dimainkan (1940), dibuat dia salah satu penyair abad kedua puluh yang luar biasa dan paling berpengaruh menulis dalam bahasa Inggris. tema berulangnya kontras antara seni dan kehidupan, teori siklus hidup (simbol tangga berkelok-kelok), dan ideal keindahan dan upacara kontras dengan keriuhan kehidupan modern.
      William Butler Yeats (1865-1939) lahir di Dublin dalam sebuah keluarga Protestan Irlandia. Ayahnya, John Butler Yeats, anak seorang pendeta, adalah pengacara berpaling kepada seorang pelukis pra-Raphael Irlandia. ibu Yeats, Susan Pollexfen, berasal dari keluarga kaya - yang Pollexfens memiliki penggilingan makmur dan bisnis pelayaran. Awal tahun Yeats Nya dihabiskan di London dan Slingo, sebuah county yang indah di pantai barat Irlandia, di mana ibunya telah berkembang dan yang ia kemudian digambarkan dalam puisi-puisinya. Pada tahun 1881 keluarga kembali ke Dublin. Saat belajar di Sekolah Seni Metropolitan, Yeats bertemu sana penyair, dramawan, dan pelukis George Russell (1867-1935). 
      Dia tertarik pada mistisisme, dan pencarian terinspirasi juga Yeats. Ini adalah kejutan kepada ayahnya yang telah mencoba untuk membesarkan anaknya tanpa mendorong dia untuk merenungkan dengan pertanyaan-pertanyaan seperti itu.Sebagai Yeats penulis melakukan debut pada 1885, ketika ia menerbitkan puisi pertama di The Universitas Dublin Review. Pada tahun 1887 keluarga kembali ke Bedford Park, dan Yeats mengabdikan dirinya untuk menulis. Ia mengunjungi Madam Blavatsky, okultis terkenal, dan bergabung dengan Bagian Esoterik dari Theosophical Society, namun kemudian diminta untuk mengundurkan diri. 
      Pada tahun 1889 Yeats bertemu cinta yang besar, Maud Gonne (1866-1953), seorang seorang aktris dan revolusioner Irlandia yang menjadi tonggak utama dalam kehidupan penyair dan imajinasi. Yeats menyembah Maud, siapa ia menulis banyak puisi. 
      Dia menikah pada tahun 1903 Mayor John MacBride, dan episode ini terinspirasi puisi Yeats's 'No Troy Kedua'. "Kenapa, apa yang bisa ia lakukan menjadi apa yang dia / Apakah? Ada Troy lain baginya untuk membakar." MacBride kemudian dilaksanakan oleh Inggris. Melalui Yeats pengaruh Maud bergabung dengan organisasi revolusioner Republik Irlandia Persaudaraan. Maud telah mengabdikan diri untuk perjuangan politik, tetapi Keats dilihat dengan curiga dunianya penuh intrik. Dia lebih tertarik pada cerita rakyat sebagai bagian dari eksplorasi dari warisan nasional dan bagi kebangkitan identitas Celtic. 
      Studi-Nya dengan George Russell dan Douglas Hyde legenda Irlandia dan dongeng diterbitkan pada tahun 1888 dengan nama Fairy Tales dan Rakyat dari kaum tani Irlandia. Yeats dirakit untuk anak-anak versi kurang rinci, IRIS FAIRY TALES, yang muncul pada tahun 1892. (Lihat juga Wilhelm Grimm.) Pengembaraan DARI OISIN DAN LAINNYA puisi (1889), diisi dengan kerinduan sedih, mengambil subyek dari mitologi Irlandia.
      Pada tahun 1896 Yeats kembali untuk tinggal permanen di negara asalnya. Dia direformasi Irlandia Literary Society, dan kemudian National Sastra Society di Dublin, yang bertujuan untuk mempromosikan Perpustakaan Irlandia Baru. 
      Lady Gregory pertama kali melihat W.B. Yeats 1894 - "... mencari setiap inci penyair," tulisnya dalam buku hariannya - dan lagi dua tahun kemudian. Hubungan mereka dimulai pada tahun 1897 dan menyebabkan pendiri Teater Sastra Irlandia, yang menjadi Irlandia Teater Nasional Masyarakat dan pindah pada 1904 ke Teater Abbey baru, nama jalan Dublin di mana ia berdiri. 
      Yeats bekerja sebagai direktur teater, menulis beberapa drama untuk itu. direktur lain adalah dramawan John Synge (1871-1909), teman dekat Yeats's, yang karya The Playboy dari Dunia Barat (1907) disambut dengan kerusuhan. Yeats drama paling terkenal adalah Cathleen NI Houlihan (1902), di mana Maud Gonne mendapat pujian besar dalam peran judul, dan TANAH HATI'S hasrat (1894). 
      Yeats tidak memiliki percaya diri pada awal dalam keterampilan sastra Lady Gregory, tapi setelah melihat terjemahan nya dari kisah-kisah kuno Cuchulain Irlandia ia berubah pikiran. Cathleen ni Houlihan telah cretied untuk Yeats tapi sekarang dianggap ditulis oleh Lady Gregory - ide datang dari Yeats dan ia menulis nyanyian dari wanita tua di akhir. (Lihat 'Lady Gregory sikat gigi' oleh Toibín Colm, New York Times Review of Books, 9 Agustus 2001)
      Ezra Pound bertemu Yeats di tahun 1912, lalu Pound diperkenalkan Yeats untuk drama Noh Jepang, yang terinspirasi memainkannya. Pada usia 52, pada tahun 1917, ia menikah Georgie Hyde-Lee, yang berusia 26. Meskipun Keats pertama memiliki keraguannya, pernikahan bahagia dan mereka memiliki seorang putra dan seorang putri.
      Perubahan dari sugestif, lirik indah terhadap kepahitan cadang dan tragis ditandai di Yeats puisi 'September 1913' di mana dia menyatakan: "Gaya Romantis Irlandia sudah mati dan pergi." Selama perang sipil Irlandia Free State tentara dibakar banyak surat Yeats untuk Maud Gonne ketika mereka menyerbu rumahnya. 
       Pada awal dari perang Yeats pergi ke Oxford, tapi kemudian kembali ke Dublin, menjadi Senator di tahun yang sama. Sebagai politisi, Yeats membela kepentingan Protestan dan mengambil pro-Perjanjian sikap terhadap Partai Republik. 
      Pada tahun 1932 Yeats mendirikan Akademi Sastra Irlandia dan pada tahun 1933 ia sempat terlibat dengan Blueshirts fasis di Dublin. Sementara di Mallorca Yeats menjadi sakit parah. Dia mencoba untuk bertemu Robert Graves yang menolak untuk melihat dia. 
      Dalam terakhirnya tahun Yeats bekerja pada versi terakhir dari A VISI, yang berusaha untuk menyajikan teori variasi kepribadian manusia, dan diterbitkan BUKU OXFORD OF VERSE (1936) dan BARU puisi (1938). Yeats meninggal pada tahun 1939 di Hôtel Ideal Séjour, di Menton, Perancis. 
       Dalam 'bawah Ben Buiben,' salah satu puisi terakhirnya, ia menulis: "marmer Tidak, tidak frase konvensional; Pada batu kapur digali di dekat tempat / Dengan perintah nya kata-kata ini dipotong: Pemain mata dingin / Di hidup, tentang kematian / Horseman;. lewat "! Yeats peti mati itu diambil pada tahun 1948 untuk Druncliff di Sligo, tapi ada beberapa keraguan mengenai keaslian tulang .- "Kehidupan mistik adalah pusat dari semua yang saya lakukan dan semua yang saya berpikir dan semua yang saya tulis."
      William Butler Yeats (1865-1939) lahir di Dublin. Ayahnya adalah seorang pengacara dan seorang pelukis potret terkenal. Yeats dididik di London dan di Dublin, tetapi ia menghabiskan musim panas di barat Irlandia di rumah musim panas keluarga di Connaught. Para Yeats muda itu bagian yang sangat banyak dari Siecle de sirip di London, pada saat yang sama ia aktif dalam masyarakat yang berusaha kebangkitan sastra Irlandia. 
      Volume pertamanya dari ayat muncul di tahun 1887, namun dalam periode sebelumnya produksi dramatis melebihi puisinya baik dalam jumlah besar dan impor. 
      Bersama dengan Lady Gregory ia mendirikan Teater Irlandia, yang menjadi Teater Abbey, dan menjabat sebagai kepala dramawan sampai gerakan ini diikuti oleh John Synge. memainkan Nya biasanya mengobati legenda Irlandia, mereka juga mencerminkan ketertarikannya dengan mistik dan spiritualisme. The Countess Cathleen (1892), The Land of Heart's Desire (1894), Cathleen ni Houlihan (1902), The King's Threshold (1904), dan Deirdre (1907) adalah di antara yang paling dikenal.
      Setelah 1910, seni dramatis Yeats's berbelok tajam menuju gaya yang sangat puitis, statis, dan esoterik. ditulis untuk penonton skala kecil, mereka bereksperimen dengan topeng, tari, dan musik, dan sangat dipengaruhi oleh teater Noh Jepang. Meskipun seorang patriot, Yeats menyesalkan kebencian dan kefanatikan dari gerakan Nasionalis, dan puisinya penuh bergerak protes terhadap hal itu. 
       Dia ditunjuk untuk Senat Irlandia pada tahun 1922. Yeats adalah salah satu dari beberapa penulis yang terbesar karya ditulis setelah penghargaan dari Hadiah Nobel. Ia menerima Hadiah terutama untuk karya dramatis, lirik nya. Puisi-Nya, terutama volume The Wild Swans di Coole (1919), Michael Robartes dan Dancer (1921), The Tower (1928), The Winding Tangga dan Puisi Lainnya (1933), dan Puisi Terakhir dan Dimainkan (1940), dibuat dia salah satu penyair abad kedua puluh yang luar biasa dan paling berpengaruh menulis dalam bahasa Inggris. tema berulangnya kontras antara seni dan kehidupan, teori siklus hidup (simbol tangga berkelok-kelok), dan ideal keindahan dan upacara kontras dengan keriuhan kehidupan modern.


sumber : http://wisatateater.blogspot.com/2011/03/william-butler-yeats.html

0 komentar

Posting Komentar




Translator

Pengikut

backLink

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Bukan sekedar ajang kumpul

joe kancil Theater
Kehidupan

Free Automatic Link Free Automatic Link Web Link Exchange Kostenlose Backlink Austausch Unlimited Backlink Unlimited Backlink Free Automatic Link Unlimited Backlink Unlimited Backlink Free Backlinks PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

pasang iklan anda