BUKAN SEKEDAR AJANG KUMPUL

Sebuah kata yang semua Orang dipastikan sudah tahu maksudnya, Walaupun dengan kadar kepahaman yang berbeda. Dan sedikit bertabrakan. BUKAN SEKEDAR AJANG KUMPUL Ingin berbagi Pengetahuan Seputar Kebiasaan / Adat Istiadat, Budaya, Kesenian serta segala bentuk hal yang memiliki nilai seni.


Masyarakat Samin (saminisme)

Diposting oleh Joe kancil Minggu, 08 Mei 2011

Masyarakat Samin terdapat di beberapa desa di wilayah Kecamatan Ngambon, Tambakrejo, dan Ngraho Kabupaten Bojonegoro, yang terbesar berkembang di Desa Tapelan Kecamatan Ngraho.
Berkembang sejak tahun 1900an yang pada awalnya dipelopori oleh seorang yang bernama SOEROSAMIN berasal dari Desa Plosorejo Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora. Karena dalam kesehariannya masyarakat menganut ajaran SOEROSAMIN, maka pada umumnya disebut masyarakat Samin, yaitu masyarakat yang menghendaki kehidupan yang bebas dan merdeka seluas – luasnya tidak dengan batas, merasa dirinya sebagai pahlawan, menentang pemerintah Belanda. Dalam hidupnya tidak suka memfitnah, mengganggu pihak lain atau sebaliknya mereka tidak mengenal istilah mencuri artinya mereka amat jujur.
Orang Samin hanya suka menjalankan perintah orang lain dan itupun dilaksanakan secara leterlijk ( wantah ) yaitu memegang teguh pada kata – kata yang digunakan pada saat memerintah menurut makna lahirnya kata dengan tidak menggunakan tafsiran lain. Mereka tidak suka Belanda, tetapi pada saat ini mereka menyukai pemerintah Republik Indonesia karena menurut anggapannya mereka diperintah oleh saudara sendiri.
Masyarakat Samin punya karakter suka bekerja keras, puas dengan hasil karya sendiri sebagai petani dan biasanya pekerjaan dilaksanakan secara kolektif ( gotong royong ).
Beberapa hal yang dianggap penting oleh masyarakat Samin yaitu :
1. Tanggal 1 Sura dianggap hari besar dan dirayakan dengan selamatan brokohan.
2. Setelah pengesahan / penetapan perkawinan, orang tua mereka melaksanakan brokohan dan memeriahkan perkawinan anaknya dengan pertunjukan wayang atau seni andong.
3. Jika ada anggota masyarakat yang meninggal dunia mereka hanya melaksanakan penguburan saja, tidak dilanjutkan dengan acara membaca do’a dan lain – lain sebagaimana lazimnya yang dilaksanakan oleh masyarakat kita ( Islam ).
Karena mereka erat berhubungan dengan masyarakat lain maka lama - kelamaan orang Samin mulai mendapat pengaruh dan menyesuaikan diri.
Pada tahun 1988 Panitia Peneliti dan Penyusunan Sejarah hari jadi Kabupaten Bojonegoro menyebutkan bahwa jumlah warga Samin di Desa Tapelan masih ada sekitar 250 Jiwa.
Kronologi Masyarakat Samin :
1. Tahun 1859, SAMIN SOEROSENTIKA lahir di Desa Ploso Kediren Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, putra dari Kyai KETI dari Rajekwesi, Eyangnya bernama Pangeran KOESOEMINGAJOE.
2. Tahun 1903, Residen melaporkan bahwa ada orang Samin sejumlah 722 Orang dari 34 Desa dalam Kabupaten Blora sebelah selatan, Bojonegoro, Ngawi dan Grobogan bersama – sama mempelajari ajaran Samin.
3. Tahun 1905, orang Samin mulai meninggalkan cara – cara hidup di desa, tidak setor padi ke lumbung desa dan jika membayar pajak tidak berupa kewajiban tetapi berupa sokongan atau sukarela.
4. Tahun 1906, ajaran Samin menjalar berkembang sampai ke Rembang sebelah selatan yang dipelopori oleh anak dan menantu SOEROSAMIN yaitu SOEROHIDIN dan KARSIYAH.
5. Tahun 1907, SOEROSENTIKA dibuang oleh Belanda ke Padang karena takut perkembangan ajaran Samin semakin pesat.
6. Pada akhirnya tahun 1930 gerakan ajaran Samin mulai menurun jumlah pengikutnya, pada jaman pemerintahan Jepang paham Samin tidak banyak diceritakan lagi tetapi setelah merdeka orang Samin menampakkan diri lagi.
Kronologi ini dikutip dari buku Riwayat Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro, berdasarkan laporan Asisten Residen Jappara di Tuban pada tahun 1911.

0 komentar

Posting Komentar




Translator

Pengikut

backLink

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Bukan sekedar ajang kumpul

joe kancil Theater
Kehidupan

Free Automatic Link Free Automatic Link Web Link Exchange Kostenlose Backlink Austausch Unlimited Backlink Unlimited Backlink Free Automatic Link Unlimited Backlink Unlimited Backlink Free Backlinks PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

pasang iklan anda