BUKAN SEKEDAR AJANG KUMPUL

Sebuah kata yang semua Orang dipastikan sudah tahu maksudnya, Walaupun dengan kadar kepahaman yang berbeda. Dan sedikit bertabrakan. BUKAN SEKEDAR AJANG KUMPUL Ingin berbagi Pengetahuan Seputar Kebiasaan / Adat Istiadat, Budaya, Kesenian serta segala bentuk hal yang memiliki nilai seni.


Nagaruda

Diposting oleh Joe kancil Sabtu, 07 Mei 2011

Kesenian rakyat "Nagaruda" yang mengadopsi kisah kepahlawanan Prabu Angling Dharma dengan patihnya, Batik Madrim, akan ditampilkan di Stadion Letjen H Soedirman, Bojonegoro pada tanggal 6 November 2010.
       "Ada 100 penari yang terlibat dalam penampilan kesenian nagaruda, ditambah 10 penabuh gamelan," kata Kepala Bidang Pelestarian dan Pengembangan Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bojonegoro, Saptatik, Selasa.

 Ditemui ketika memimpin latihan di dalam stadion, dia menjelaskan, penampilan kesenian nagaruda secara kolosal ini, merupakan yang pertama sejak seni itu digali pada awal 2010 lalu. Dalam pergelaran tersebut, mengambil penari yang ada di 10 grup reog yang berada di sejumlah kecamatan di wilayah setempat.
       Sedangkan, durasi penampilan kesenian nagaruda, selama 25 menit, mengambarkan pertarungan antara burung garuda dan naga. Dalam legenda yang ada, burung garuda merupakan penjelmaan raja Malawapati, Prabu Angling Dharma.
       "Kami menjadwalkan empat kali latihan secara langsung di stadion," katanya mengungkapkan.
       Sebelum itu, para penari yang ikut dalam pergelaran tersebut, sudah mendapatkan pola tarian dalam kesenian nagaruda melalui kaset. Menurut ia, penampilan kesenian nagaruda ini, akan dilaksanakan pada malam hari, dengan penerangan lampu stadion yang baru dibangun.

0 komentar

Posting Komentar




Translator

Pengikut

backLink

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Bukan sekedar ajang kumpul

joe kancil Theater
Kehidupan

Free Automatic Link Free Automatic Link Web Link Exchange Kostenlose Backlink Austausch Unlimited Backlink Unlimited Backlink Free Automatic Link Unlimited Backlink Unlimited Backlink Free Backlinks PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia
free counters

pasang iklan anda