BUKAN SEKEDAR AJANG KUMPUL

Sebuah kata yang semua Orang dipastikan sudah tahu maksudnya, Walaupun dengan kadar kepahaman yang berbeda. Dan sedikit bertabrakan. BUKAN SEKEDAR AJANG KUMPUL Ingin berbagi Pengetahuan Seputar Kebiasaan / Adat Istiadat, Budaya, Kesenian serta segala bentuk hal yang memiliki nilai seni.


Latihan Adegan

Diposting oleh Joe kancil Selasa, 12 Juli 2011

       Beberapa latihan untuk melatih kemampuan beradegan dengan lawan main atau sendiri

Gerak cermin
Pemain berpasangan dan saling berhadapan. seorang menjadi cermin yang lainnya bercermin. Seakan-akan tiruan gerak seperti dalam cermin.
Gerak cermin ini untuk menghasilkan kebersamaan diperlukan gerak yang pelan dan kontinyu. 
Dimulai dari gerak tangan kemudian dilanjutkan ke anggota tubuh yang lain serta megatur level atau posisi. Setelah beberapa saat, peran berganti secara langsung. Yang menjadi cermin giliran menjadi orang yang bercermin.
Jika adegan ini berjalan dengan baik maka orang lain yang melihat akan sulit membedakan mana yang cermin dan mana orang yang bercermin.

Duduk dan berdiri
       Adegan dilakukan berpasangan. Ketentuannya adalah para pemain membuat dan menyajikan sebuah cerita dalam adegan dengan hanya bergerak. Tidak boleh mengucapkan kata atau kalimat selain hanya interjeksi dan itu jika hanya diperlukan saja.
Inti dari adegan adalah, harus ada seseorang yang berdiri dan yang duduk di kursi. Masing-masing pemain harus berusaha untuk duduk di kursi dengan cara dan strateginya tersendiri. Namun demikian adegan tetap dijalankan mulai dari awal sampai akhir sesuai tuntutan cerita yang telah ditentukan.
Dialog berpasangan
Pemain berpasangan dan saling berhadapan. Instruktur menginstruksikan para pemain untuk saling berdialog apa saja, bebas. Namun dalam berdialog semua katanya harus dieja. Jadi pada akhirnya, semua akan berpikir dan berproses untuk berpikir dengan mengeja setiap kata yang terlontar baik itu bagi yang berbicara atau lawan dialognya (orang yang mendengar).

Catatan: Latihan ini sangat baik untuk melatih kesabaran, ingatan, dan kecerdasan. Kata atau kalimat yang terlontar sehari-hari akan menjadi unik dan sedikit sulit untuk diucapkan dengan dieja. Namun, jika dilakukan dengan sabar dan tekun pasti bisa.

Diam dan lanjutkan!
Instruktur meminta dua (2) orang untuk maju ke depan. Mereka harus menentukan siapa menjadi apa, di mana lokasinya, dan topik apa yang dibicarakan. Kemudian mereka melakukan percakapan sesuai topik. 
Di tengah-tengah percakapan pemain lain (yang menonton) boleh menghentikan percakapan itu dengan meneriakkan kata “freeze!”, atau “diam!”. Pemain yang menghentikan percakapan ini kemudian maju ke depan, menepuk bahu salah seorang pemain, dan kemudian menggantikan posisinya untuk melanjutkan percakapan. Ia coleh melanjutkan atau mengubah topik percakapan. Ini merupakan latihan improvisasi yang bagus dalam membangun dan mengembangkan cerita secara spontan.

Variasi: Yang menghentikan percakapan tidak hanya 1 orang tetapi 2 orang sekaligus

sumber : http://wisatateater.blogspot.com/2011/04/latihan-adegan.html

1 Responses to Latihan Adegan

  1. dewi Says:
  2. thank mas.. salam seni dan budaya,, dari saya teater api

     

Posting Komentar




Translator

Pengikut

backLink

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Bukan sekedar ajang kumpul

joe kancil Theater
Kehidupan

Free Automatic Link Free Automatic Link Web Link Exchange Kostenlose Backlink Austausch Unlimited Backlink Unlimited Backlink Free Automatic Link Unlimited Backlink Unlimited Backlink Free Backlinks PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

pasang iklan anda