BUKAN SEKEDAR AJANG KUMPUL

Sebuah kata yang semua Orang dipastikan sudah tahu maksudnya, Walaupun dengan kadar kepahaman yang berbeda. Dan sedikit bertabrakan. BUKAN SEKEDAR AJANG KUMPUL Ingin berbagi Pengetahuan Seputar Kebiasaan / Adat Istiadat, Budaya, Kesenian serta segala bentuk hal yang memiliki nilai seni.


Latihan Dialog

Diposting oleh Joe kancil Rabu, 06 Juli 2011

Latihan Dialog secara improfisasi dapat melatih kita saat kehilangan kosentrasi di atas panggung,selain itu juga bisa membantu kita dalam pengendalian emosi di panggung,, oke deh… mari kita latihan dasar Dialog secara improfisasi.

Musik dan katakan!
Semua pemain untuk berjalan dengan bebas dan santai. Lalu musik dimainkan dan semua pemain bergerak mengikuti irama musik. Ketika musik berhenti segera semua berhenti bergerak.
Terus Namun ketika musik dimainkan (oleh instruktur) semua pemain harus bergerak mengikuti irama musik yang diperdengarkan. Ketika musik dihentikan semua pemain berhenti dan pose diam mematung sesuai gerak terakhir yang dilakukan.
Ketika musik dimainkan kembali pemain bergerak atau menari mengikuti irama musik. Demikian seterusnya. Kemudian ditingkatkan dengan dialog, dialog ketika secara spontan dan bebas setelah semua berhenti bergerak atau musik berhenti. Dialog bisa berupa pernyataan, puisi dan lain sebagainya.

Dubbing
Dua orang pemain sebagai peraga dan dua orang pemain lagi bercakap (berdialog). Pemain yang sebagai peraga hanya memperagakan apa yang diucapkan oleh para pemain yang saling bercakap. Namun demikian, apa yang diucapkan oleh pemain yang berdialog dapat dipengaruhi oleh peragaan pemain yang bertindak sebagai peraga.
Intinya keempat pemain ini saling mempengaruhi sehingga cerita dibangun tidak hanya oleh dua pemain yang bercakap tetapi juga oleh pemain yang sebagai peraga.
Normal, Slow, Fast.
Pemain berpasangan, menentukan siapa menjadi apa, di mana lokasinya dan topik pembicaraannya apa. Di tengah percakapan, instruktur berkata “Slow!”, maka semua adegan harus dilakukan secara slow motion (semua menjadi lambat seperti replay dalam televisi). Sampai beberapa waktu, instruktur berkata “Normal!”, maka adegan kembali normal.
Kemudian setelah beberapa saat instruktur berkata “Fast!” atau “Cepat!” maka adegan dipercepat, baik itu gerak ataupun cara pengucapannya. Kemudian setelah beberapa saat, instruktur kembali berkata “Normal!”, maka adegan kembali normal dan dilanjutkan sampai selesai. Demikian seterusnya dengan pasangan pemain yang lain.

Dialog segitiga
Tiga orang pemain. Satu duduk di tengah yang lain duduk disamping kanan dan kiri. Pemain yang di tengah menjawab setiap pertanyaan pemain yang ada di kiri atau kanannya dengan topik yang berbeda.
Jika pemain tengah terlalu lama berbicara dengan pemain sebelah kanan, maka pemain sebelah kiri harus berusaha dengan keras agar pemain di tengah berbicara dengan dirinya. Demikian juga sebaliknya. Dalam usahanya menarik perhatian pemain yang di tengah, pemain di samping kanan dan kiri boleh menyentuh atau menarik tangan pemain yang di tengah.
Setelah selesai atau dihentikan oleh instruktur maka pemain yang di tengah bergeser ke pinggir, pemain yang pinggir gantian di tengah sementara pemain di sisi lain diganti oleh pemain baru. Demikian seterusnya sampai semua pemain pernah bermain baik di tengah atau di pinggir.

1 Responses to Latihan Dialog

  1. nice post...... benar2 bermanfaat....
    makasih...

     

Posting Komentar




Translator

Pengikut

backLink

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Bukan sekedar ajang kumpul

joe kancil Theater
Kehidupan

Free Automatic Link Free Automatic Link Web Link Exchange Kostenlose Backlink Austausch Unlimited Backlink Unlimited Backlink Free Automatic Link Unlimited Backlink Unlimited Backlink Free Backlinks PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

pasang iklan anda