BUKAN SEKEDAR AJANG KUMPUL

Sebuah kata yang semua Orang dipastikan sudah tahu maksudnya, Walaupun dengan kadar kepahaman yang berbeda. Dan sedikit bertabrakan. BUKAN SEKEDAR AJANG KUMPUL Ingin berbagi Pengetahuan Seputar Kebiasaan / Adat Istiadat, Budaya, Kesenian serta segala bentuk hal yang memiliki nilai seni.


Peter Brook Biografi

Diposting oleh Joe kancil Kamis, 30 Juni 2011

       Brook lahir di London Maret 1925, anak Simon Brook dan istrinya Ida (Jansen), dua imigran Yahudi. Ia belajar di Gresham's School dan Magdalen College, Oxford. Dr Faustus adalah produksi pertama, tahun 1943 di Teater Obor di London, diikuti di Teater Chanticleer pada 1945 dengan kebangkitan The Infernal Machine. 

       Pada 1947, ia pergi ke Stratford-upon-Avon sebagai asisten sutradara di Romeo dan Juliet dan Love Lost Buruh. Dari tahun 1947 hingga 1950, ia menjadi Direktur Produksi di Royal Opera House, Covent Garden


       Karyanya yang sangat kontroversial adalah Salome Strauss dengan set oleh Salvador Dali dan juga merupakan ulang pementasan yang efektif dari Puccini's La Boheme menggunakan set yang berasal dari 1899. Sebuah proliferasi kerja panggung dan layar sebagai produser dan sutradara. Pada tahun 1951, Brook menikah dengan aktris Natasha Parry, pasangan itu memiliki seorang putri. 

       Pada tahun 1970, dengan Micheline Rozan, Brook mendirikan Pusat Internasional untuk Penelitian Teater/ theater Research, sebuah perusahaan multinasional dari aktor, penari, musisi dan lain-lain yang bepergian secara luas di Timur Tengah dan Afrika pada awal tahun 1970. Sekarang berbasis di Paris pada Bouffes du Nord teater. Pada tahun 2008 dia membuat keputusan untuk mengundurkan diri sebagai direktur artistik Bouffes du Nord, menyerahkan ke Olivier Mantei dan Olivier Poubelle pada tahun 2008.

       Karyanya terinspirasi oleh teori-teori eksperimental teater dari Jerzy Grotowski, Bertolt Brecht, Chris Covics, Meyerhold, GI Gurdjieff dan karya-karya Edward Gordon Craig dan Stuart Davis, serta Matila Ghyka. 

       Brook dipengaruhi oleh karya Antonin Artaud dan ide-idenya untuk nya Theatre of Cruelty. Namun pengaruh besar-Nya adalah Joan Littlewood. Brook menggambarkan dirinya sebagai "sutradara paling bersemangat di Inggris pertengahan abad ke-20".

       Di Inggris, Peter Brook dan Charles Marowitz melakukan percobaan cruelty theater (1964) di Royal Shakespeare Company, yang bertujuan untuk mengeksplorasi cara-cara di mana ide-ide Artaud's dapat digunakan untuk menemukan bentuk-bentuk baru ekspresi dan melatih pelaku. 

       Hasilnya adalah menunjukkan dari 'bekerja dalam penyelesaian' terdiri dari improvisasi dan sketsa, salah satunya adalah Perdana Menteri semburan Darah. Lee Jamieson, Antonin Artaud: Dari Teori ke Praktik, Exchange Greenwich, 2007 

       Pada pertengahan tahun 1970-an, Brook, dengan penulis Jean-Claude Carriere, mulai bekerja pada mengadaptasi puisi epik Mahabharata India ke dalam bermain tahap yang pertama kali dilakukan pada tahun 1985 dan kemudian menjadi sebuah mini seri televisi. 

       Produksi menggunakan cast internasional disebabkan debat panas antar budaya. kritik negatif berasal dari sarjana India Pradip Bhattacharya yang merasa bahwa interpretasi Brook's "bukanlah penggambaran titanic bentrokan antara kekuatan yang baik dan yang jahat, yang merupakan barang dari epik ... [tetapi] kisah keturunan berperang beberapa tuan tanah pedesaan ".

       Pada tahun 2005 Brook diarahkan Tierno bokar, berdasarkan kehidupan sufi Mali dengan nama yang sama. bermain ini diadaptasi untuk panggung oleh Marie-Helene Estienne dari sebuah buku oleh Amadou Hampate Ba (diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai sebuah Roh Toleransi: Kehidupan yang mengispirasi dari Tierno bokar). 

       Buku dan kehidupan bermain detail bokar dan pesan toleransi beragama. Universitas Columbia yang diproduksi 44 acara yang terkait, ceramah, dan lokakarya yang dihadiri oleh lebih dari 3.200 orang di seluruh lari dari Tierno bokar. Panel diskusi terfokus pada topik toleransi beragama dan tradisi Muslim di Afrika Barat.

sumber : http://wisatateater.blogspot.com/2011/04/peter-brook-biography.html 

0 komentar

Posting Komentar




Translator

Pengikut

backLink

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Bukan sekedar ajang kumpul

joe kancil Theater
Kehidupan

Free Automatic Link Free Automatic Link Web Link Exchange Kostenlose Backlink Austausch Unlimited Backlink Unlimited Backlink Free Automatic Link Unlimited Backlink Unlimited Backlink Free Backlinks PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

pasang iklan anda