BUKAN SEKEDAR AJANG KUMPUL

Sebuah kata yang semua Orang dipastikan sudah tahu maksudnya, Walaupun dengan kadar kepahaman yang berbeda. Dan sedikit bertabrakan. BUKAN SEKEDAR AJANG KUMPUL Ingin berbagi Pengetahuan Seputar Kebiasaan / Adat Istiadat, Budaya, Kesenian serta segala bentuk hal yang memiliki nilai seni.


Edmond Rostand Biografi

Diposting oleh Joe kancil Minggu, 19 Juni 2011

        Emond Eugène Yusuf Alexis Rostand mempunyai jiwa seni sejak kecil. Ia lahir pada 1 April 1868 di Marseilles, anak sulung dan anak tunggal dari keluarga sejahtera dan berbudaya. Setelah masa kecil bahagia dan pendidikan di Lycee de Marseilles, Edmond pindah ke Paris  untuk mengambil sarjana muda dan untuk belajar untuk gelar sarjana hukum. Tapi ia bertekad untuk menjadi sorang penyair dan tidak pernah hukum dipraktekkan
         Dia juga tidak kembali, kecuali untuk kunjungan singkat, ke kota asalnya Marseilles, tetapi ia tidak pernah kehilangan cintanya matahari hangat Provence. Lain pengaruh besar pada Edmond muda adalah spa Bagnères de Luchon, di Pyrenees. Di sini sebagai seorang anak ia belajar untuk mencintai alam dan pedesaan.
         Pada awalnya calon penyair berhasil sedikit. Buku pertamanya puisi, Les Musardises (1890), adalah sebuah kegagalan. Sebuah usaha awal untuk menulis dalam prosa untuk teater: sandiwara, Le Gant rouge, ditulis dengan teman dan dilakukan di Teater Cluny pada tahun 1888, juga gagal.
       Tetapi pada tahun 1894 dalam komedi-Française memakai bermain ayat pertama Rostand's, Les Romanesques, sebagai bagian dari tagihan tiga, dan itu sukses. Sebuah perawatan ringan dari cerita Romeo dan Juliet, disepakati oleh semua untuk menjadi memesona menghibur dan ditulis dalam ayat gemerlap. Tapi Rostand ingin menulis memainkan lebih serius. Dia terkejut oleh materialisme dan sinismenya kali, dan bermimpi untuk memulihkan ke Prancis kebajikan gallic kuno kepahlawanan, kecerdasan dan mengorbankan diri antusiasme untuk ideal mulia.
       Tujuannya sebagai sebuah sandiwara untuk memberikan Leçons d'? ame? ? pelajaran bagi jiwa. Didorong oleh keberhasilan dengan Les Romanesques ia menuangkan segala idealisme dan puisi menjadi bermain ayat tentang putri jauh, dicintai dari jauh oleh seorang penyanyi. La Princesse Lointaine adalah tentang kekuatan penebusan cinta, dan didasarkan pada kisah nyata Joffroy Rudel. Ini juga, seharusnya sudah sukses, mengingat bahwa pahlawan ini dimainkan oleh Sarah Bernhardt, maka pada puncak popularitas nya. bermain mengajukan banding atas keinginan mereka, pada tahun-tahun dewasa nya, untuk tampil di drama puitis serius.
       Namun, masyarakat Paris dan terutama para kritikus, diharapkan lain hiburan ringan dari penyair muda, dan tidak menghargai perasaan halus Rostand's. La Princesse Lointaine memiliki resepsi dingin dan dibawa mati setelah tiga puluh pertunjukan. Rostand itu kecewa dan, bukan untuk pertama kalinya, mengalami masa depresi. Tapi Sarah Bernhardt masih memiliki iman di dalam dia dan telah menugaskan lain bermain dalam ayat di minggu Paskah, 1897. La Samaritaine, tentang pertemuan Yesus dengan perempuan Samaria  di sumur, mendapat sambutan hangat oleh pers dan kritikus.
        Sementara menulis La Samaritaine, Rostand juga bekerja pada proyek lain. Sarah Bernhardt begitu antusias La Princesse Lointaine bahwa dia telah mengundang seorang teman untuk menghadiri bacaan pertama. Coquelin Konstan, yang dikenal untuk memainkan peran nya klasik karakter komik pada khususnya, sudah tahu Sarah sebelumnya di komedi-Française, dari mana ia baru saja pensiun.
        Dia telah begitu terkesan dengan bermain Rostand bahwa dia telah menyerukan Edmond: Menulis peran saya dan saya akan bermain ketika Anda inginkan, di mana Anda inginkan?!?
       Rostand sudah lama ingin menulis sebuah drama yang didasarkan pada pahlawan masa kecilnya, Cyrano de Bergerac, seorang penyair abad ketujuh belas dikenal karena penolakannya untuk menyesuaikan atau kompromi. Coquelin akan menjadi aktor yang ideal untuk menjelma Rostand ide tentang karakter, yang jelek eksterior akan mendustakan jiwa yang mulia.
       Sandiwara yang melebih-lebihkan keburukan dengan memberikan karakter hidung aneh (berlebihan dating kembali ke account Théophile Gautier tentang Cyrano di Les Grotesque, Buku VI (1844)), dan menciptakan plot di mana Cyrano akan merayu wanita yang dicintainya atas nama lain.
       Keberhasilan tersebut bermain di teater komersial meragukan: memutar ayat pada umumnya dilakukan di negara teater, jika sama sekali, dan hanya sedikit telah mendengar tentang ini penyair abad ke-17 kecil yang adalah pahlawan dari bermain. Namun, Coquelin percaya dalam drama Rostand, dan memasang beberapa uang sendiri untuk memproduksinya di Porte-Saint-Martin teater, di mana ia adalah seorang sutradara.
       Keberhasilan yang menakjubkan dari Cyrano de Bergerac di premier pada 28 Desember 1897 adalah unik dalam sejarah Paris teater. Belum pernah ada yang seperti itu kemenangan bulat. Penonton mengigau dengan antusias dan sukacita. Rostand mimpi tentang menghidupkan kembali kebanggaan nasional dengan kepahlawanan pahlawan-nya, kecerdasan dan biasanya Panache Prancis telah berhasil melampaui harapannya. Hidup tidak akan pernah sama lagi. Rostand menjadi pahlawan nasional semalam. Pada kinerja berikutnya ia dianugerahi pita dari Chevalier dari Legion of Honour. Undangan dari orang kaya dan terkenal mengalir dalam, bersama dengan karangan bunga dan surat ucapan selamat.
       Sejak itu, bermain Rostand telah berkelana di seluruh dunia dan telah diterjemahkan ke dalam hampir setiap bahasa. Ini telah diubah menjadi opera, musik, film, parodi dan bahkan balet. hidung Cyrano's, yang akrab bagi semua, telah sering digunakan dalam iklan; psikologinya telah diteliti oleh para ahli. Cyrano kecerdasan dan keberanian, Panache dan integritas, adalah kualitas yang terus mengilhami pendengar di seluruh dunia.
       Selama sisa hidupnya, banyak yang akan diharapkan dari Rostand. Publik ingin bermain lebih seperti Cyrano de Bergerac; teater diharapkan kritik dia meresmikan sebuah era baru drama ayat klasik Perancis. ketenaran-Nya, tetapi sambutan pada awalnya, akan menjadi beban berat yang membuat menulis tugas suci ia harus memenuhi, sementara takut dia tidak memiliki kemampuan kreatif untuk melakukannya dengan sukses.
       Namun, dengan bermain berikutnya, L'Aiglon (The anak garuda), ditulis untuk Sarah Bernhardt untuk tampil di Pameran Paris 1900, Rostand terus memuaskan baik kritikus dan publik. Kisah tragis anak Napoleon, dibesarkan sebagai seorang bangsawan Austria oleh ibunya Marie-Louise, tapi diam-diam rindu untuk kembali ke Paris
dan mendapatkan kembali posisinya sebagai penguasa yang sah dari orang-orang Perancis, diberitahu dalam ayat liris dan bergerak. Bernhardt menang dalam peran Duke muda, sehingga ia kembali lagi dan lagi selama sisa hidupnya.

0 komentar

Posting Komentar




Translator

Pengikut

backLink

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Bukan sekedar ajang kumpul

joe kancil Theater
Kehidupan

Free Automatic Link Free Automatic Link Web Link Exchange Kostenlose Backlink Austausch Unlimited Backlink Unlimited Backlink Free Automatic Link Unlimited Backlink Unlimited Backlink Free Backlinks PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

pasang iklan anda