BUKAN SEKEDAR AJANG KUMPUL

Sebuah kata yang semua Orang dipastikan sudah tahu maksudnya, Walaupun dengan kadar kepahaman yang berbeda. Dan sedikit bertabrakan. BUKAN SEKEDAR AJANG KUMPUL Ingin berbagi Pengetahuan Seputar Kebiasaan / Adat Istiadat, Budaya, Kesenian serta segala bentuk hal yang memiliki nilai seni.


Menulis drama realis

Diposting oleh Joe kancil Sabtu, 04 Februari 2012

Menulis drama realis adalah proses transformasi realita kedalam karya sastera berbentuk drama. 
Dalam menulis drama realis yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian paparan yang akan disajikan dalam karya drama dengan realita sehari-hari. 
Bila dikaitkan dengan ungkapan Sri Sultan Hamengkubuwoni X bahwa pertunjukan drama disepadankan dengan sandiwara maka drama realis adalah indikasi paling sesuai sebagai latar entrinya.
Drama realis disiapkan sebagai sandi (penanda) wara (peristiwa) yang sangat dekat dengan apa yang dilihat dan disaksikan sehari-hari.
Saat drama realis disajikan dalam sebuah pementasan maka mulai dari cerita hingga sett profertinya dirancang sebagai penanda kenyataan sehari-hari. Peristiwa yang dibangun juga tak jauh dari fenomena sehari-hari sehingga drama realis menyentuh semua kalangan apresiator dan mampu berkomunikasi dengan siapa saja bahkan orang yang tak faham seni sekalipun.
Sifat drama realis yang demikian membuat drama realis paling banyak dipentaskan.
Drama ini menjadi familiar, anak-anak yang belajar drama biasanya diperkenalkan dengan drama jenis ini. Drama realisme sendiri kadang-kadang bersifat suryalis dalam dialognya, namun dalam implemntasi drama ini tetap mengacu kepada pemahaman bersama tentang realita. 
Drama Adipus di Kolonus dianggap realisme walaupun bicara tentang dewa yang jelas-jelas suryalis. Kenyataan demikian disebabkan drama tersebut bicara soal kenyataan manusia di masanya yang meyakini Dewa-Dewi, pada arahan penampilannya drama ini sama sekali tidak memuat sesuatu yang mustahil dari pandangan penonton, semuanya disajikan secara natural dan sesuai kenyataan pada masanya. Walaupun bicara Dewa, tokoh Dewa hanya wacana tanpa pernah ada muncul dalam satu babakpun pertunjukan.
Karena drama realis merupakan kejujuran dari realita, maka seorang penulis drama realis dituntut punya banyak wawasan tentang persoalan hidup sehingga pengalaman nyata tersebut dapat menginspirasinya dalam menyajikan kenyataan kedalam bentuk karya drama. Biasanya drama realis sangat jelas dan tajam kritiknya terhadap kenyataan misalnya Rumah Boneka karya Ibsen yang nyata-nyata mempertanyakan eksistensi perkawinan yang rapuh pada masanya.

2 komentar

  1. drama yang bagus juga didukung oleh karakter yang hidup

     
  2. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : melasian77cs@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    asianbet77.com

    Download Disini

     

Posting Komentar




Translator

Pengikut

backLink

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Bukan sekedar ajang kumpul

joe kancil Theater
Kehidupan

Free Automatic Link Free Automatic Link Web Link Exchange Kostenlose Backlink Austausch Unlimited Backlink Unlimited Backlink Free Automatic Link Unlimited Backlink Unlimited Backlink Free Backlinks PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

pasang iklan anda