Seorang
dramawan, novelis, dan penulis cerita pendek berasal dari Swedia. August
Strindberg lahir di Stockholm.
Ayahnya, Carl Oscar Strindberg, bangga jejak darah aristokratis, adalah agen
pengiriman, tapi sukses bisnisnya relatif sederhana. ibu Strindberg, Ulrika
eleanora Norling, memiliki latar belakang proletar.
Dia adalah putri seorang penjahit, yang pernah menjadi pembantu rumah
tangga dan menjadi majikannya Carl Oscar. Agustus adalah anak ketiga mereka,
pasangan itu memiliki sembilan anak lagi. masa kanak-kanak Strindberg miskin
dan sengsara - dia malu dan ketegangan keluarga tertekan dia.
Ulrika eleanora meninggal ketika ia berumur 13 tahun. Setelah ayahnya
menikah lagi, Strindberg datang membenci ibu tirinya. Strindberg menikah tiga
kali, Strindberg mewakili manusia ideal abad ke-19 artis sebagai kepribadian
yang bebas, tidak dibatasi oleh konvensi.
Pada tahun 1867 Strindberg memasuki
Universitas Uppsala, di mana ia gagal lulus ujian pendahuluan dalam kimia. Ia
bekerja untuk waktu singkat di Royal Drama Teater, dan menulis. Strindberg
kembali ke studinya di Uppsala
dan selesai pada tahun 1872.
Kembali di Stockholm, Strindberg bekerja sebagai wartawan dan menulis
drama sejarah MASTER Olof, lakon ini tentang Swedia yang introspektif dan
pembaharu Protestan Olaus Petri. Ini ditulis dalam semangat Shakespeare tetapi
ia dipengaruhi Schiller.
Strindberg pada tahun 1874 menjadi asisten seorang pustakawan di
Perpustakaan Kerajaan, melayani sampai pengunduran dirinya tahun 1882. Ia
menikah pada tahun 1877 Baroness Siri von Essen, yang telah istri Baron Carl
Gustaf Wrangel, dan merupakan anggota aristokrasi Swedia di Finlandia. Pada
saat perkawinan Siri tujuh bulan hamil, anak itu meninggal dan mereka kemudian
tiga anak lagi, salah satunya, Kristin.
Strindberg kembali ke pernikahan pertamanya di sebuah cerita di mana
narator yang terbelah antara adorasi dan muak. Namun, perkawinan pertama
membawa beberapa keseimbangan dalam kehidupan Strindberg.
Novel pertama yang diterbitkan, Roda RUMMET (1879), sebuah cerita satir
tentang kapitalisme awal dan korupsi di Stockholm, membuatnya nasional
terkenal. Arvid Falk, karakter pusat, adalah penulis yang bercita-cita yang
kehilangan semua ilusi, dan akhirnya menerima kehidupan keluarga borjuis.
Dengan buku ini Strindberg memulai karirnya sebagai salah satu tokoh yang
paling menonjol dalam literatur Nordik dan budaya. Master Olof, yang pertama
telah ditolak, diproduksi pada 1881 dan diterima dengan antusias
Ia dituduh antisemitism di Denmark dan untuk menghindari
keributan Strinberg memutuskan untuk bepergian ke luar negeri. Dia pertama kali
pada tahun 1883 pindah ke Prancis bersama keluarganya dan antara tahun 1884 dan
1887 ia tinggal di Swiss. Selama waktu ini ia berhubungan dengan Friedrich
Nietzsche, dan tertarik dari karya-karya Edgar Allan Poe.
Dalam kesulitan keuangan dan perkawinan, Strindberg mulai menunjukkan
gejala krisis emosional. Perasaan penganiayaan dan ditindas oleh minum berat.
Akhirnya ia mulai percaya istrinya menginginkan dirinya di rumah sakit
jiwa.
Cerita pendek 'Hadiah kebajikan', di mana Strindberg mengejek Perjamuan
Kudus. Buku itu disita, Strindberg dituntut untuk penghujatan, tetapi
dibebaskan. Di Swedia generasi muda memanggil dia sebagai pahlawan. A Doll's
House (1883) terispirasi oleh pernikahannya, tetapi Strindberg lebih di sisi
suami Nora.
Namun, visi egaliter Strindberg peran jender adalah radikal untuk hari
dan usia, meskipun pada saat yang sama ia menerima gagasan bahwa selibat dapat
mengakibatkan kelemahan fisik.
Froken JULIE (1888, Miss Julie), drama besar berikutnya Stridberg setelah
FADREN (1887, Bapa), ditambah salah satu tema favoritnya, Darwin pertempuran antara kedua jenis
kelamin, dengan perjuangan sosial dan ikatan cinta-benci.
Strindberg menulis itu selama tinggal di Denmark. Protagonis, Julie, putri
hitungan, membiarkan dirinya tergoda oleh ayahnya hamba Jean. Dia kemudian
harus menghadapi situasi, di mana Jean, seorang pria meningkat, ternyata
menjadi orang kuat. Julie menyebabkan nasib tragis. Miss Julie telah
dipertunjukkan di Strindberg Eksperimental Theater di Kopenhagen pada tahun
1889.
"The Best Théâtre tidak memulai kegiatannya dengan mewartakan
program apapun, tidak pernah berkembang suatu estetika, tidak pernah ingin
untuk sekolah ... Semua hukum penghalang telah dibatalkan, dan hanya tuntutan
rasa dan semangat modern yang diizinkan untuk menentukan bentuk artistik.
Setelah menyelesaikan Miss Julie, Strindberg menulis pada tahun 1889
dengan Antoine's Théâtre. Dia bercerai dari Siri von Essen dan pindah ke
Berlin, di mana ia bertemu dengan seorang wartawan Austria Maria Uhl, yang
dikenal sebagai Frida Uhl, istri keduanya, yang dinikahinya pada tahun 1893.
bulan madu mereka pasangan yang dihabiskan di London, namun setelah perselisihan Strindberg
melarikan diri ke pulau Rügen.
Perkawinan menjadi subyek sketsa otobiografinya, KLOSTRET (, 1966 The
Cloister), tetapi ia juga berurusan dengan masalah perkawinan pada beberapa
karya kecil, seperti dalam cerpen 'Sebuah percobaan Reformasi'. Pada gambar
ironis dari "model perkawinan" pasangan muda mencoba untuk hidup
bersama-sama tetapi pada saat yang sama mempertahankan kemerdekaan
mereka.
Mereka memiliki ruang yang terpisah, biaya berbagi dan bekerja sama rumah
tangga. Setelah kelahiran bayi mereka, suami bertanya pada dirinya sendiri:
"Bukankah dia melakukan berbagi penuh nya pekerjaan dengan ibu bayi
Bukankah itu bagus seperti uang??" Dan istri segera mendapat atas
kenyataan bahwa ia harus menjaga dirinya.
Dihantui oleh rasa bersalah meninggalkan anak-anaknya dan diserang oleh
pengkritiknya, Strindberg menjadi memiliki sebuah mania penganiayaan. Dia juga
menderita insomnia dan psoriasis, dan menghabiskan beberapa minggu di St Louis
Hospital di Paris. Antara tahun 1892 dan 1897 Strindberg mengalami beberapa
episode psikotik, dan mencatat pikiran tersiksa nanti di Inferno.
Beralih ke lukisan, Strindberg dibuat pada 1890-an bentang laut, yang telah
dibandingkan dengan karya Turner. motif favoritnya termasuk visi dari sebuah
gua terhadap dunia luar dan pecah gelombang di laut terbuka. Dengan bantuan
studi Swedenborgian, dan mengadopsi gagasan bahwa orang-orang tertentu yang
ditakdirkan untuk menderita, dia muncul dari krisis.
Sementara menghabiskan musim panas 1892 di Dalarö, ia
menghasilkan sekitar tiga puluh lukisan. pertamanya Strindberg Pameran diadakan
di tahun yang sama. Itu tidak sukses, hanya dua kanvas tersebut dibeli.
Sendirian di Paris pada pertengahan 1890-an, Strindberg menjadi tertarik pada
alkimia dan mencoba untuk membuktikan bahwa adalah mungkin untuk membuat
emas.
Untuk
tetangganya, Paul Gauguin ia menulis surat
wawasan yang menggunakan artis sebagai pengantar untuk katalog nya. "Saya
tidak dapat memahami seni dan aku tidak bisa seperti itu," kata
Strindberg. "Tapi aku tahu bahwa pengakuan ini tidak akan mengejutkan atau
melukai Anda, bagi Anda tampaknya saya menjadi benar-benar dibentengi oleh
kebencian orang lain, dalam keinginannya untuk dibiarkan sendiri, karakter Anda
mengambil kesenangan dalam antipati yang memprovokasi."
Setelah berhenti lukisan pada tahun 1905, Strindberg dibangun dengan
fotografer Herman Andersson yang "Wunderkamera", dengan yang ia
membuat potret fotografi.
Dalam novel I HAVSBANDET (1890, By the Sea Terbuka) Strindberg menyatakan
ketertarikannya dengan laut dan kepulauan Swedia, yang telah digambarkan di
HEMSÖBORNA (1887, Pribumi dari Hemsö), kembali ke tempat favorit masa mudanya,
yang Pulau Kymmendö, di mana ia mulai menulis Master Olaf.
"Sebuah tebing gelap mulai terlihat di tanjung pulau terakhir. Itu
adalah batubara-hitam, terbuat dari batuan diorit vulkanik, dan ketika ia
mendekati itu ia menjadi tertekan. Massa
chrystallised hitam tampaknya telah memuntahkan naik dari dasar laut dan
kemudian, seperti yang mulai membatu, telah terlibat dalam perjuangan takut
dengan air atau beberapa guntur-awan. " (Dari By the Sea Terbuka)
Strindberg pindah ke Stockholm
dan menulis selama tahun-tahun produktif berikut 1898-1909 tiga puluh enam
bermain. Dalam trilogi Damaskus 1898-1901, Pask (1901, Paskah), dan ETT
DRÖMSPEL (1901, A Dream Play) Strindberg memanfaatkan rincian pernikahan
keduanya.
Protagonis dari trilogi ini disebut 'Stranger' atau 'The One Unknown',
seorang pria perjalanan untuk menemukan nasibnya. Dia telah meninggalkan istri
dan anak-anak dan berjalan melalui serangkaian percobaan.
Dalam Pask (Paskah) Strindberg berkaitan dengan tema kematian dan
kebangkitan. Drama tersebut bercerita tentang seorang perempuan, yang tinggal
bersama anak-anaknya dalam takut akan kedatangan kreditur, yang, pada
kenyataannya, membawa rekonsiliasi dan pengampunan hutang.
"Dalam drama Yunani tua kata tampaknya berarti peristiwa, bukan
tindakan atau apa yang kita sebut intrik sadar Untuk hidup. Tidak bergerak
secara teratur sebagai sebuah drama dibangun, dan pemintal sadar intrik sangat
jarang mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan rencana mereka di
detail.
Jadi kita tidak lagi percaya dalam komplotan yang cerdik, tanpa hambatan,
diizinkan untuk mengendalikan nasib rakyat, sehingga penjahat dalam kepalsuan
sadarnya hanya menimbulkan ejekan kita sebagai tidak benar untuk hidup."
Dalam A Dream Play Strindberg berusaha untuk meniru bentuk logis dari
mimpi. Waktu dan ruang yang tidak penting dalam dramaturgi, perpecahan
karakter, semua pikiran dan persepsi berasal dari alam bawah sadar satu
individu, para pemimpi. Di balik karakter protagonis bercahaya, Putri Indra,
yang turun ke bumi, adalah aktris muda Harriet Bosse, yang menjadi istri ketiga
penulis. Penekanan pada subjektivitas memainkan meramalkan teori-teori Freud
tentang kesenjangan antara sadar dan tidak sadar.
Dalam drama sejarah dari periode ini termasuk Gustav Vasa, (1899), Erik
XIV (1899), sebuah potret seorang pria yang setengah jenius, setengah-psikopat,
dan Gustaf Adolf (1900), dikatakan unplayable, di yang raja merupakan instument
yang ideal dari kebebasan beragama.
Dalam novel SVARTA FANOR (1904, Black Banner) Strindberg membalas dendam
setelah puluhan tahun kritikus negatif dan mengutuk dengan amarah Alkitab
rekan-rekannya, nabi yang salah, dan parasit budaya. Strindberg continied
spekulasi keagamaan dan alami filosofis dalam Zona Roh (1907-1912) dan
sekuel-sekuelnya. GÖTISKA RUMMEN (1904) ditulis sebagai sebuah pelengkap untuk
Roda rummet dari 1879, tapi semangat muda Strindberg telah pergi, dan telah
digantikan oleh kepahitan dan misantrophy.
Selama 1907-1908 Strindberg melakukan serangkaian percobaan untuk
mendirikan sebuah teater intim, berdasarkan inovasi tentang bentuk musik kamar.
Dia habis protagonis tunggal dalam mendukung sekelompok kecil karakter sama
pentingnya, menciptakan sebuah drama yang akan terkesan dengan suasana hati dan
suasana. Berbeda dengan karakter korup yang sakit dan orang drama, Strindberg
menciptakan seorang individu, yang mampu mengamati fenomena supranatural, dan
melucuti bagian depan kebohongan dan tipuan.
Di antara karya-karya Strindberg dari 1907 adalah ruang seperti bermain
sebagai OVÄDER (1906, Badai The), Branda TOMTEN (1907, Setelah Api), di mana
segala sesuatu lebih buruk yang protagonis mengharapkan, SPÖKSONATEN (1907, Roh
Sonata), sebuah unmasking dari sebuah pretensi kelas menengah, dan PELIKANEN
(1908, The Pelican), di mana terjadi penyucian akhir melalui api.
wah infonya bagus sob..
sangat bermanfaat & lengkap lagi..
makasih ya :)
salam kenal :)
#Happy BLogging :D
wah infonya bagus sob..
sangat bermanfaat & lengkap lagi..
makasih ya :)
salam kenal :)
#Happy BLogging :D
Informasi yang menarik, sukses terus :D